Mari Berbagi

Tak terasa ternyata kita sudah melewati sepertiga Ramadhan tahun ini. kalau saya tidak salah hitung hari ini kita sudah genap menjalani sepuluh hari puasa Ramadhan tahun ini.

Sobat, seberapa maksimalkah kita mengisi bulan penuh berkah ini dengan berbagai macam ritual keagamaan? konon katanya semua ibadah di bulan ini akan dilipatgandakan, berbeda dengan amal ibadah kita pada bulan-bulan lain. Dan untuk alasan ini kaum muslimin di seantero dunia berlomba-lomba menumpuk pahala dengan berbagai macam ritual keagamaan selain puasa Ramadhan yang menjadi salah satu rukun islam yang lima seperti tadarus al-Qur’an, sholat taraweh, ikut majelis-majelis ta’lim, dan sebagainya.

Saya yakin kita semua sudah tahu bahwa puasa merupakan bentuk ibadah yang banyak sekali manfaatnya untuk kita sendiri. sudah banyak penelitian-penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa akan memberikan dampak positif bagi fisik kita. Kalau masih ada yang tidak percaya, silahkan langsung googling aja! karena memang lewat tulisan ini saya tidak akan membahas soal itu. hehehhehee….

Mari BerbagiSobat, diantara hakikat puasa, sebagaimana yang sering saya dan saya yakin sobat semua dengar adalah membangkitkan kepedulian kita terhadap saudara-saudara di sekitar kita. Lewat puasa kita dilatih untuk ikut merasakan bagaimana rasa lapar melilit perut kita. Nah, yang menjadi pertanyaan sudahkah rasa peduli kita terhadap sesama ini sudah tumbuh sepuluh hari ini? atau jangan-jangan malah ada yang tidak melaksanakan kewajiban puasa Ramadahan? semoga saja tidak demikian.

Untuk kita yang berkecukupan tentu setiap hari bisa berbuka dan sahur dengan hidangan-hidangan spesial, yang tentunya cukup berbeda dengan hari-hari biasanya. Lalu bagaimana dengan saudara-saudara kita diluar saja. jangankan hidangan lezat. bisa makan saja sudah sangat beruntung.

Sobat, lewat tulisan ini saya berusaha menyadarkan diri saya sendiri dan untuk kita semua, mari kita berbagi… tidak usah menunggu jika sudah kaya nanti. ya kalau ditakdirkan bisa kaya, kalau tidak kapan kita akan berbagai?. Tidak usah jauh-jauh saya yakin disekiling kita masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita.

Saya yakin keikhlasan kita untuk berbagi masih lebih bermakna dan bermanfaat dari pada banyaknya ritual-ritual ibadah dibulan ini. dan tentunya akan lebih baik lagi jika semua bisa berjalan beriringan, soleh sosial dan soleh ritualnya.

Semoga bermanfaat, salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Sebuah Mesjid (Taufiq Ismail)

Kalian Cetak Kami Jadi Bangsa Pengemis (Taufiq Ismail)

Kisah Seorang Ayah, Anak Dan Burung Gagak

Asal Usul Nama Hari (Versi Inggris)

Abu Nawas Mengerjakan Pekerjaan Yang Mustahil