Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2011

4 Tipe Kepribadian Manusia (Bag. II)

Tulisan kali ini merupakan sambungan dari posting sebelumnya tentang “4 Tipe Kepribadian Manusia Bag. 1”  yang diuraikan oleh Florence Litteurdalam bukunya “Personality Plus”. Yang belum sempat membaca bagian pertama silahkan dibaca dulu.Dalam bagian pertama saya tulis secara rinci sifat-sifat dominan dan kekurangan masing-masing tipe. Nah, kali ini saya coba menuliskannya secara umum.Yang pertama, kata Florence adalah golongan Sanguinis, “Yang Populer”. Mereka ini cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Mereka senangsekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan, dan beberapa saat kemudian ia bisa jadi menangis tersedu-sedu.Namun orang-orang sanguinis ini sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek’, dan hidupnya serba tak beratur. Jika suatu kali anda lihat meja kerja pegawai anda cenderung berantakan, agaknya bisa jadi ia s…

4 Tipe Kepribadian Manusia (Bag. I)

Florence Litteur, penulis buku terlaris “Personality Plus” menguraikan, ada empat pola watak dasar manusia. Kalau saja semua sudah kita pahami, kita akan sangat terbantu sekali dalam berhubungan dengan orang lain.
Kita akan jadi mengerti mengapa Teman kerja kita tiba-tiba marah sekali ketika meja kerjanya yang berantakan kita atur rapi. Kita juga akan mudah memahami mengapa shoulmate kita gampang sekali berjanji dan hebatnya dengan mudah pula ia melupakannya, “Oh ya, saya lupa” katanya sambil tertawa santai. Kita juga akan mudah mengerti mengapa diantara sahabat kita nggak mau dengar sedikitpun pendapat kita, tak mau kalah,cenderung mempertahankan diri, selalu merasa benar dengan pendapatnya dan makin sengit bertengkar kalau kita mau coba-coba untuk mengalahkannya.
Empat pola watak tersebut adalah: Sanguinis, Melankolis, Koleris & Phlegmatis. Ada juga yang mengkategorikannya sesuai dengan sifat dominan masing-masing tipe, yaitu: Sanguinis Populer, Melankolis Sempurna, Kol…

Apakah Anda Jomblo Sejati?

Sesaat setelah sobat membaca judul postingan saya kali ini, saya yakin sobat akan cepat-cepat menjawab dengan “Ya” jika saat ini sobat sedang tidak memiliki pasangan atau yang lebih trend disebut sebagai pacar,kekasih maupun shoulmate. Dan secepat kilat sobat akan menjawab “Bukan” jika saat ini sobat sedang duduk bersama suami atau istri, atau barang kali sedang sibuk berduaan, sms-an, facebook-an dengan kekasih yang diimpikannya.
Jika sesaat tadi sobat menjawab dengan “Ya” saya sarankan jangan tergesa-gesa dulu meninggalakan tulisan saya kali ini, baca dengan seksama apa yang ingin saya ungkapkan kali ini. Ya, sesama jomblo coba kasih tanggapan apa yang ingin saya tulis ini.
Saya sangat yakin sobat semua sudah sangat familiar dengan istilah jomblo ini. Saya sendiri kurang tahu dan tidak begitu beminat mancari tahu darimana asal muasal istilah ini muncul ditengah-tengah kita. Yang saya tahu istilah ini merujuk pada seseorang yang sedang tidak punya hubungan khusus dengan lawan jenisn…

Mampu Apa Gak Mampu?

Gambar
Hari ini barangkali saya bisa mengatakan kalau kendaraan bermotor sudah  menjadi kebutuhan primer manusia, meskipun tanpa sepeda motorpun kita masih bisa tetp hidup sih… ahihihi… Cuman mungkin sobat pernah dengar kasus seorang anak yang mati bunuh diri gara-gara minta sepeda motor pada orang tuanya. Nah, gimana coba?Saya sendiri juga kurang tahu bagaimana ceritanya, cuman denger-denger beberapa SPBU atau kalau ditempat saya lebih dikenal dengan istilah POM Bensin katanya pemiliknya cuman satu orang… Wowowoooo… Benar tidaknya sih gak terlalu penting, karena kalaupun benar saya juga mau apa, kalau tidak juga mau apa? hahahahahaaa…. so terserah sobata aja menganggapnya penting atau tidak, bagi saya lebih penting masih tersedia secangkir kopi dan sebatang lintingan tembakau ketimbang mikirin bener tidaknya isu (apa fakta?) diatas.Ngomong-ngomong soal premium alias bensin alias bahan bakar sepeda motor, pagi tadi saya sempat mengisi di salah satu SPBU di kabupaten sebelah, wakakakkaa… temp…

Hebatnya Sinetron Indonesia

Hayoo.. siapa sobat jaka yang demen nongkrongin tontonan sinetron? Sinetron-sinetron Indonesia itu hebat banget lho… mau tahu apa aja kehebatannya? berikut beberapa kehebatan sinetron Indonesia versi Jaka:

Ganti saluran televisi ke teve berita, balik lagi ke sinetron sebelumnya, lakukan 10x, maka astaga, 10x itu anda akan melihat adegan menangis (dgn orang berbeda, tempat berbeda, adegan berbeda).Adegan mata melotot, suara ditinggikan, menjadi standar gaya bicara, bahkan saat bicara dgn anjing peliharaanIbu2 dgn rambut habis disalon, riasan 1 mili, menjadi bintang kejahatan, mengalahkan lord voldemort (pada tahu musuh besar harry potter kan?) sekalipunGadis berparas cantik, terlihat lemah, selalu ditolong Tuhan, eh maksud sy, penulis skenario. kalau kalian lemah, tdk berparas cantik, jangan tanya, lulus castingpun tidak.Hari ini laku, rating tinggi, besok ditambah satu jam tayang, bila perlu 3 jam nonstop, hanya utk melihat cerita itu2 saja. jangan tanya berapa episode, season-seasonn…

Mari Berbagi

Gambar
Tak terasa ternyata kita sudah melewati sepertiga Ramadhan tahun ini. kalau saya tidak salah hitung hari ini kita sudah genap menjalani sepuluh hari puasa Ramadhan tahun ini.
Sobat, seberapa maksimalkah kita mengisi bulan penuh berkah ini dengan berbagai macam ritual keagamaan? konon katanya semua ibadah di bulan ini akan dilipatgandakan, berbeda dengan amal ibadah kita pada bulan-bulan lain. Dan untuk alasan ini kaum muslimin di seantero dunia berlomba-lomba menumpuk pahala dengan berbagai macam ritual keagamaan selain puasa Ramadhan yang menjadi salah satu rukun islam yang lima seperti tadarus al-Qur’an, sholat taraweh, ikut majelis-majelis ta’lim, dan sebagainya.
Saya yakin kita semua sudah tahu bahwa puasa merupakan bentuk ibadah yang banyak sekali manfaatnya untuk kita sendiri. sudah banyak penelitian-penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa akan memberikan dampak positif bagi fisik kita. Kalau masih ada yang tidak percaya, silahkan langsung googling aja! karena memang lewa…

Kultum Bang Tere Tentang Teroris

Mr. Obama, Mr. Jens Stoltenberg, Mr. David Cameron, serta Mr. dan Ms. hadirin wal hadirot lainnya. Pertama2, ijinkanlah saya mengucapkan rasa duka cita yg mendalam, atas kerusuhan di inggris, Mr. david cameron, hari2 ini, ratusan perusuh ditangkap, bukan cuma mobil, satu, dua lebih blok toko, rumah, dll katanya telah dibakar, dan media massa menyebutnya kerusuhan terburuk setelah perang dunia ke-2. Juga, ijinkanlah saya mengucapkan rasa sedih yg luar biasa, atas penembakan puluhan warga Norwegia, saya sedih sekali Mr. stoltenberg, alangkah tidak manusiawinya kita dibanding hewan buas. dan juga, rasa prihatin saya yg amat kental untuk krsisis ekonomi Amerika saat ini, sungguh saya prihatin, Mr. Obama, penduduk Anda cemas kehilangan uang pensiun, dana investasi, belum lagi pekerjaan, dan sebagainya.
Mr., Ms., hadirin wal hadirot lainnya, kultum saya kali ini pendek saja, tentang terorisme. Apa itu teroris? siapa itu teroris? apa tujuan teroris? kenapa teroris? mengapa teroris? ternyata…

Abu Nawas Tetap Bisa Mencari Solusi

Mimpi buruk yang dialami Baginda Raja Harun Al Rasyid tadi malam menyebabkan Abu Nawas diusir dari negeri Baghdad. Abu Nawas tidak berdaya. Bagaimana pun ia harus segera menyingkir meninggalkan negeri Baghdad hanya karena mimpi. Masih jelas terngiang-ngiang kata-kata Baginda Raja di telinga Abu Nawas.
"Tadi malam aku bermimpi bertemu dengan seorang laki-laki tua. la mengenakan jubah putih. la berkata bahwa negerinya akan ditimpa bencana bila orang yang bernama Abu Nawas masih tetap tinggal di negeri ini. la harus diusir dari negeri ini sebab orang itu membawa kesialan. ia boleh kembali ke negerinya dengan syarat tidak boleh dengan berjalan kaki, berlari, merangkak, melompat-lompat dan menunggang keledai atau binatang tunggangan yang lain."
Dengan bekal yang diperkirakan cukup Abu Nawas mulai meninggalkan rumah dan istrinya. Istri Abu Nawas hanya bisa mengiringi kepergian suaminya dengan deraian air mata.
Sudah dua hari penuh Abu Nawas mengendarai keledainya. Bekal yang diba…