Spasi MS Office Word Banyak Yang Hilang


Spasi Word Banyak Yang Hilang
Semalam ada sobat saya yang minta bantuan nge-"print" beberapa dokumen. Kebetulan print miliknya sedang error (kalau saya ingat-ingat sebenarnya dia gak punya printer, ahihi...). Nah, kasusnya bermula dari sini.

Waktu file dokumen yang dia buat lewat MS Office Word 2010 (.docx) saya buka ternyata banyak kalimat yang hilang spasinya. Melihat file yang berantakan tersebut saya godain deh, "file ini hasil copas ya? males amat tinggal ng-edit aja!". Dia jawab,"gak kok, semua ini saya ketik sendiri". "lha kok pada sembunyi gini spasinya?". "Lha embuh!".

Akhirnya terpaksa ngedit lagi untuk memberi spasi beberapa paragraf. Setelah beberapa menit selesai editingnya saya tekan "Ctrl+S" bin save alias menyimpan dikument seprti biasanya. terus "Ctrl+P" a.k.a ngePrint dan Enter. Selesai sudah bantuprint out saya kasihkan hasilnya dan dia pulang sebelum sempet bilang "terima kasih".

Selang beberapa menit ada sms masuk. "Spasinya hilang lagi". Loch, kog bisa? dalam benak saya tiba teringat guru lama si mbah google. setelah kesana kemari cari ramuan ajaib ternyata kasus seperti ini memang salah satu bug Ini merupakan bug tentang tidak kompatibelnya Word 2007 dengan Word 2010. 

Hal ini karena dokumen yang Anda buka(Docx) adalah dokumen yang murni dibuat dengan menggunakan MS Word 2010. Jika Anda edit dokumen tersebut di Word 2007 dengan memberikan spasi dan Anda simpan. Kemudian dokumen tersebut dibuka pada Word 2010, maka spasi yang Anda tambahkan tidak akan terbaca di Word 2010 sehingga dokumen tersebut tampilannya akan sama seperti word 2007 tadi.

Info detail dari microsoft ada disini dan untuk mengatasinya sobat harus install the 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3). Untuk mengunduh paket layanan ini, kunjungi situs web Microsoft berikut ini: Microsoft Office Suite 2007 Paket Layanan 3 ukuran filenya sekitar 351.9 MB.


Tapi, siapa sih pengguna Word 2007 yang mau repot-repot ngunduh berkas segede itu? Dalam hal ini, pengguna Word 2010 lah yang harus mengalah. Selalu simpan dokumen sobat dalam compatibility mode. Bahkan, supaya lebih aman, simpan dalam bentuk .pdf. Metode yang paling aman -tapi merepotkan- adalah konversi tiap halaman menjadi gambar, lalu masukkan tiap gambar ke masing-masing halaman di dokumen Word 2010.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Sebuah Mesjid (Taufiq Ismail)

Kalian Cetak Kami Jadi Bangsa Pengemis (Taufiq Ismail)

Kisah Seorang Ayah, Anak Dan Burung Gagak

Asal Usul Nama Hari (Versi Inggris)

Musim Rindu